Modem GSM internet pada umumnya terhubung dengan jaringan seluler melalui jaringa GPRS dan jaringan WCDMA, dimana GPRS merupakan koneksi yang cukup lambat masih pada tipe jaringan 2G, sementara WCDMA merupakan tipe diatasnya dengan nama 3G yang memiliki koneksi lebih cepat dengan dukungan kecepatan hingga 42Mbps.

Memang sekarang sudah ada Generasi 3,5G dan 4G namun masih jarang sekali digunakan khususnya di Indonesia jadi kita fokus pada koneksi 3G saja. karena dengan koneksi 3G saja sudah cukup untuk mendukung berbagai aplikasi yang membutuhkan koneksi internet berkapasitas besar seperti streaming video, call video maupun video conference setidaknya untuk masa sekarang.
Modem 3G Only
Ada beberapa persoalan yang terjadi jika Anda tidak mengetahui cara mengubah koneksi modem menjadi 3G Only atau kembali menjadi GPRS diantaranya adalah:
  1. Jika Anda jauh dari Tower Selluler biasanya dimana jaringa gprs masih kuat namun jaringan 3G sudah sangat lemah sehingga jika Anda tidak setting modem menjadi 3G only maka modem akan memilih koneksi dengan gprs yg memiliki signal lebih kuat sehingga koneksi internet Anda menjadi sangat lemot.
  2. Namun sebaliknya jika settingan modem Anda ternyata sudah 3G Only dan di lokasi Anda tidak tersedia jaringan 3g maka otomatis modem Anda tidak akan bisa terhubung (tidak dapat signal) sehingga Anda harus tau juga mengubah kembali settingan dari 3G Only menjadi 2G Only.
  3. Paket internet yang tersedia di pasaran saat ini juga telah memilah-milah kuotanya yang sebagian hanya bisa digunakan pada koneksi 3G sehingga Anda harus membuat settingan modem menjadi 3G Only untuk bisa menggunakan kuota internet tersebut.
Untuk membuat koneksi modem menjadi 3G Only, berikut ini sudah saya buatkan tutorial berupa video agar Anda bisa lebih mudah dan simple memahaminya (durasi sekitar 2,5 menit):


Demikianlah Cara Membuat Koneksi Modem 3G Only, semoga bermanfaat.


Sumber : OperatorKita.com
DAFTAR BARU DAPAT CASHBACK 1% DEPOSIT MIN. 200,000 MAX.500,000
 
Top